Selasa, 26 Juli 2011

asfiksi dan emfisema

Diposkan oleh sovie dina al-kafi di 05.38

ASFIKSI

PENGERTIAN

Asfiksi adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen (O2) ke jaringan tubuh yang disebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh. Misalnya alveolus yang terisi air karena seseorang tenggelam.

Pada orang yang tenggelam, alveolusnya terisi air sehingga difusi oksigen sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali sehingga mengakibatkan orang tersebut shock dan pernapasannya dapat terhenti. Orang seperti itu dapat ditolong dengan mengeluarkan air dari saluran pernapasannya dan melakukan pernapasan buatan.

PENYEBAB ASFIKSI

  1. Adanya bakteri Diplococcus pneumonia sehingga alveolus terisi oleh cairan limfe
  2. Adanya gas racun karbonmonoksida (CO) yang memiliki daya ikat terhadap hemoglobin jauh lebih besar dari pada Oksigen (O2). Akibatnya tubuh kekurangan oksigen yang diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan.

AKIBAT ASFIKSI

  1. Pernafasan makin cepat untuk memenuhi kekurangan oksigen.
  2. kulit tampak semakin pucat atau biru.


EMFISEMA

PENGERTIAN

Emfisema adalah jenis penyakit paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan pada kantung udara (alveoli) di paru-paru. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan oksigen yang diperlukan. Emfisema membuat penderita sulit bernafas. Penderita mengalami batuk kronis dan sesak napas. Penyebab paling umum adalah merokok.

PENYEBAB EMFISEMA

Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap didalamnya. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini. Bisa juga disebabkan oleh Bronkhitis Kronis yang berkaitan dengan merokok, Mengisap asap rokok/debu dan Pengaruh usia.

AKIBAT EMFISEMA

- Sesak napas

Sesak napas, hampir setiap orang pernah menderita sesak napas baik tua muda bahkan anak-anak. Penyebab sesak napas sangat beragam, dan bila tidak diatasi dengan segera akan menyebabkan ketidaknyamanan bahkan kematian.

- Mengi

Saat mengi menyerang, jangankan untuk berjalan untuk bernafaspun sulitnya bukan main. Apalagi jika ditambah dengan batuk, sangat tidak menyenangkan. Tips kali ini bisa dikatakan sebagai tips alternatif buat Anda yang memiliki Mengi.

- Sesak dada

Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah rasa nyeri yang hebat pada bagian dada yang disertai muntah

- Mengurangi kapasitas untuk kegiatan fisik

- Batuk kronis

Batuk kronis adalah batuk yang tidak menghilang. Batuk kronis sendirinya bukan penyakit; agaknya ia adalah gejala dari penyakit-penyakit lain. Ia adalah persoalan yang umum dan sebab untuk banyaknya kunjungan-kunjungan ke dokter.

- Kehilangan nafsu makan dan berat

- Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu dari dua cara utama tubuh mengingatkan bahwa kita mempunyai persoalan. Cara lain adalah rasa nyeri. Kita biasanya memperhatikan rasa nyeri atau sakit, dan menghentikan apa yang jadi penyebabnya. Namun kita tidak memperhatikan kelelahan sama seperti rasa nyeri. Satu alasan kelelahan menjadi semakin buruk secara pelan-pelan, jadi kita tidak memperhatikannya.

PENCEGAHAN

Menghindari asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini. Yang lebih penting yaitu berhenti merokok. Dan patuhi kesehatan di tempat kerja, seperti memakai masker.

PENGOBATAN

Dan pengobatan didasarkan pada gejala yang terjadi, apakah gejalanya ringan atau berat. Pengobatannya menggunakan pemberian oksigen, obat-obatan, dan bisa juga operasi untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Sovie Dina :) Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos